Tips Aktifkan Airplane Mode Android Otomatis di Malam Hari

Salah satu fitur smartphone Android adalah adanya mode pesawat (airplane mode/aeroplane mode/flight mode) yang akan membuat ponsel 'tidur' sehingga tidak ada aktivitas jaringan seluler dan nirkabel lainnya. Untuk beberapa pengguna Android, menghidupkan mode pesawat pada HP Android dianggap sangat membantu untuk menghemat baterai. Di samping itu, banyak pemakai Android yang memilih mode airplane saat malam hari karena mereka tidak ingin diganggu dengan adanya panggilan telepon.

Nah, bagi Anda yang mungkin merasa repot harus selalu mengatur mode pesawat di malam hari agar ponsel Android tidur, berikut ada sedikit trik agar airplane mode berjalan otomatis sesuai jam yang Anda atur berdasarkan keinginan Anda.
Cara Aktifkan Airplane Mode di Malam Hari Android Otomatis

Menu airplane mode dapat ditemukan di pengaturan ponsel Android, atau dengan mengusap notification bar ke bawah lalu tap pada ikon pesawat, maka mode tidur pun akan aktif dalam sekejap. Untuk melakukannya secara otomatis, silakan ikuti cara berikut agar HP Android dapat melakukan auto airplane mode (night mode/sleep time):

I. Unduhlah sebuah aplikasi pihak ketiga yang bisa mengakses pengaturan mode pesawat Android secara otomatis dan terjadwal. Kali ini saya memberi contoh dengan aplikasi multi-function, Battery Doctor (Battery Saver). Karena selain penghemat batere Android terbaik, Battery Doctor memiliki fitur deep-saver, salah satunya mampu mengatur mode pesawat secara otomatis aktif pada jam tertentu sesuai jadwal.

II. Pasang aplikasi tersebut ke HP Android. Untuk Battery Doctor Anda bisa unduh dari Play Store, 100% gratis dan tanpa root.

III. Buka app Battery Doctor, ikuti langkahnya seperti gambar berikut:

Enable Auto On / Off Airplane Mode


(1) Pilih tab 'Mode'. (2) Pilih tab 'Schedule'. (3) Tap salah satu pilihan jadwal yang sudah ada, misalnya pilih 'Sleep'. (4) Atur ke posisi 'ON' pada menu 'Enable schedule'. (5) Tap opsi 'Start' untuk mengatur waktu mulai.

Cara Aktifkan Mode Pesawat di Android secara Otomatis

(6) Atur waktu sesuai keinginan Anda, misalnya pada jam 10 malam/pukul 22.00. (7) Tap 'Next' untuk memilih apa yang akan terjadi pada jam tersebut. (8) Pilih 'Airplane Mode' untuk mengaktifkan mode pesawat Android pada malam hari mulai pukul 22.05. (9) Tap tombol 'Save' untuk menyimpan.

How to auto enable and disable air plane mode on Android without root

(10) Tap menu 'End' untuk mengatur waktu akhir mode pesawatnya. (11) Tentukan waktu untuk "bangun tidur", misalnya jam 05.00 pagi hari. (12) Tap tombol 'Next' untuk melanjutkan pengaturan.

Auto turn airplane mode Android

(13) Pilih salah satu profil selain Airplane Mode, misal 'Super Saving' agar HP Android dapat aktif otomatis dan terdaftar ke jaringan seluler. (14) Tap tombol 'Save' untuk menyimpannya. (15) Anda bisa mengatur untuk otomatis enable/disable airplane mode setiap hari atau hari-hari tertentu saja.

Trik Mengaktifkan Airplane Mode Android Otomatis saat Malam Hari dan berubah aktif di pagi Hari

(16.a) Centang semua hari agar HP Android secara otomatis on/off airplane mode, sebaliknya (16.b) jangan ceklis untuk hari tertentu, misalnya pada malam minggu/weekend Anda tidak ingin menghidupkan fitur auto air plane agar Android selalu aktif sepanjang malam. (17) Tap tombol 'OK' untuk menyimpan pengaturan.

Auto toggle airplane mode Android with this app apk

(18) Tap menu 'Label' jika Anda ingin mengubah nama jadwal. (19) Ketikkan sesuai keinginan, misalnya 'TIDUR'. (20) Tap 'OK' untuk menyimpan. (21) Tap tombol 'Save' untuk menyimpan semua pengaturan auto airplane mode di Android Anda. Selesai!

Nah, demikian tutorial lengkap dan rinci langkah-langkah cara mengaktifkan fitur mode pesawat otomatis di HP Android, tanpa perlu root device. Dengan cara ini, selain Anda akan terbebas dari 'gangguan' nada telepon masuk, Anda juga dapat menghemat konsumsi daya baterai dan pulsa data Android saat malam hari yang kadang disebut sebagai night mode ataupun deep sleep.  Semoga bermanfaat yaa.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top