Membangun Rumah: Pakai Jasa Tukang Borongan atau Harian?

Pakai Jasa Tukang Borongan atau Harian? Anda mau membangun/merenovasi rumah, tapi bingung memilih menggunakan jasa tukang borongan atau harian. Sebelum menentukan pilihan, yuk baca kelebihan dan kekurangannya masing-masing di bawah ini.
Pakai Jasa Tukang Borongan atau Harian?

Tukang Borongan
Pekerja dengan sistem borongan ada dua macam. Yang pertama, mencakup biaya tenaga pekerja dan material bangunan. Sedangkan yang kedua, hanya menggunakan jasa pekerjanya saja. Biasanya, jika pemilik rumah menggunakan jasa tukang borongan, mereka memilih tipe yang pertama. Biar lebih praktis, katanya.

Kelebihan Tukang Borongan
Biaya relatif lebih murah dan pengerjaannya pun lebih cepat. Dan lagi, tukang dengan sistem borongan itu lebih mampu melakukan segala hal yang berhubungan dengan pembangunan.

Kekurangan Tukang Borongan
Pekerja dengan sistem ini cenderung tidak terlalu mengedepankan kualitas. Yang ada di pikirannya hanya kuantitas dan kecepatan. Jika ingin menambah waktu pengerjaan, Anda harus mengeluarkan biaya lagi.

Tips Tukang Borongan
- Jangan sungkan bertanya ke keluarga dan teman mengenai info tukang borongan yang terpercaya.
- Sering kunjungi dan mengecek pembangunan rumah Anda agar Anda bisa mengawasi kualitas dan kuantitas hasil kerja para pekerja.

Tukang Harian

Kelebihan Tukang Harian
Hasil kerjanya lebih rapi, karena pekerjaa dikerjakan per hari dengan detail. Tukang harian juga biasanya memiliki keahlian khusus.

Kekurangan Tukang Harian
Karena dibayar per hari, banyak kasus di mana tukang “sengaja” bekerja lebih lama untuk mendapatkan bayaran lebih. Jika pembangunan berjalan lambat, biaya yang Anda keluarkan pun jadi lebih banyak.

Tips Tukang Harian
Buat kontrak perjanjian yang jelas soal batas waktu penyelesaian pekerjaan.

tabloidnova.com
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top