10 Tips Berani Berpidato Depan Umum

Berani Berpidato Depan Umum jangan dianggap sepele kawan, sepertinya saja mudah dan gampang ketika melihat orang tampil didepan khalayak orang ramai dan berkoar-koar tak menentu. Walau dari sisi fisik tak mendukung untuk berpidato tapi karena hasil pencitraan ya gitu deh...

Tapi kini tak usah kau risaukan lagi kawan, simak dibawah ini penjelasan bagaimana cara untuk memberanikan diri berpidato di pasar senen, tentu saja ada tipsnya dan inilah dia
10 Tips Berani Berpidato Depan Umum

10 Tips Berani Berpidato Depan Umum

1. Pelajari material presentasi Anda. Carilah topik yang sangat menarik. Pelajari hal tersebut untuk disampaikan dalam pidato Anda. Gunakan humor, kisah pribadi dan bahasa percakapan – itulah cara agar Anda tidak lupa tentang apa yang Anda katakan.

2. Latihan, latihan, latihan! berlatihlan dengan suara lantang dengan menggunakan peralatan yang rencananya Anda gunakan. Lakukan perbaikan jika perlu. Berusahalah mengendalikan kalimat-kalimat penting; latihan, jeda dan ambil napas. Latihan dengan menggunakan pengukur waktu dan luangkan waktu untuk hal-hal yang tak terduga.

3. Kenali audiens. Salami beberapa anggota audiens saat mereka datang. Hal ini menjadikan Anda lebih mudah berbicara pada sekelompok teman ketimbang pada orang-orang asing.

4. Pelajari ruangan. Datanglah lebih awal, berjalan di sekitar area pidato dan ujilah dengan menggunakan mikropon dan berbagai alat bantu visual.

5. Santailah. Mulailah dengan menyalami audiens. Memberikan Anda waktu dan menenangkan rasa gugup Anda. Jeda, senyum dan hitung sampai tiga sebelum mengatakan sesuatu. (“Satu seribu, dua seribu, tiga seribu. Jeda dan mulailah). Ubahlah rasa gugup menjadi kekuatan antusiasme.

6. Visualisasikan diri sendiri sedang memberikan pidato. Bayangkan diri Anda berbicara, dengan suara lantang, lugas dan penuh rasa percaya diri. Visualisasikan para hadirin memberikan tepuk tangan – hal ini akan menambah rasa percaya diri Anda.

7. Pahami bahwa orang-orang tersebut ingin Anda berhasil. Para hadirin ingin Anda menjadi sosok yang menarik perhatian, memberikan stimulasi, informatif dan menghibur. Mereka bersorak untuk Anda.

8. Jangan meminta maaf atas kegugupan Anda atau masalah yang Anda hadapi – para hadirin tidak akan memperhatikannya.

9. Pusatkan perhatian pada pesan – bukan pada media. Perhatian yang fokus menjauhkan rasa khawatir Anda dan konsentrasilah pada pesan dan para hadirin Anda.

10. Dapatkan pengalaman. Hal yang penting, pidato Anda harus merepresentasikan diri Anda – sebagai sosok tunggal dan pribadi. Pengalaman membangun rasa percaya diri, yang merupakan kunci efektif dalam berpidato. Sebuah klub Toastmaster bisa menambah pengalaman yang Anda butuhkan dalam suatu lingkungan yang nyaman dan bersahabat.

Bagaimana? mudah bukan untuk di laksanakan 10 Tips Berani Berpidato Depan Umum diatas? pesan admin manfaatkan keberanian berpidato untuk hal-hal bermanfaat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top