Contoh Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga

Bosan dengan aktivitas di rumah yang monoton? Kini bunda bisa memanfaatkan waktu luang dengan menggeluti bisnis rumahan, tanpa perlu meninggalkan si kecil. Selain bisa mengusir jenuh, Anda juga bisa membantu keuangan keluarga.

Contoh Bisnis Rumahan Ibu Rumah Tangga

Caranya yakni bermacam-macam, salah satunya tertuang dalam 5 Bisnis Rumahan untuk Ibu Rumah Tangga seperti dibawah ini:

1. Membuat kue
Bagi penggemar masak dan penjalal berbagai resep adonan, Anda dapat mencobanya sebagai sarana usaha. Untuk usaha satu ini, ada dua syarat. Pertama, kue haruslah lezat. Dan kedua, panganan itu mesti memiliki ciri unik dan otentik. Sehingga pelanggan bisa terus mengingat kenikmatan kue buatan Anda.

“Jika lokasi rumah dekat dengan perkantoran ataupun lembaga pendidikan, tak perlu sungkan menjajakannya ke pusat keramaian sembari melakukan promosi,” ujar Andy.

Agar bisnis ini berjalan lancar, jangan pernah mecampur uang usaha dengan keperluan rumah tangga. Sebab sirkulasi keuangan bisa menjadi amburadul. Buatlah perhitungan terpisah antara dana keperluan keluarga dan modal bisnis. "Kalau dari bisnis itu ada keuntungan, baru boleh digunakan untuk menambah keperluan sehari-hari," kata dia.

2. Kerajinan tangan
Berkreasi dengan semua bahan yang tersedia dapat membuat aktivitas lebih berwarna. Seperti membuat boneka, merangkai bunga, membentuk tas mini, hingga aksesori anak. Agar kegiatan itu bisa menghasilkan keuntungan, buatlah karya yang menarik dan lucu. Perhatikan juga kondisi lingkungan tempat tinggal. Sebab menggali keunikan daerah lewat sebuah karya dapat meningkatkan nilai jual dari kerajinan Anda.

3. Agen asuransi
Menawarkan produk asuransi tergolong aktivitas bisnis yang cukup mudah. Sebab usaha ini sudah memiliki sistem dan mekanisme baku. Pun tak perlu modal untuk menjalaninya. Asalkan Anda rajin membuka jaringan dan pandai berkomunikasi, usaha ini mempunyai peluang besar untuk mendatangkan keuntungan. "Tapi prinsipnya setiap usaha membutuhkan passion agar Anda tetap bisa menikmatinya," kata dia.

4. Menjual produk kecantikan
Meski berstatus ibu rumah tangga, wanita tidak bisa lepas sepenuhnya dari alat rias. Karena itu, berjualan produk kosmetik bisa menjadi pilihan bisnis. Di usaha kosmetik ini, Anda bisa menawarkan produk saat mengikuti arisan ataupun kegiatan lain bersama sahabat.

5. Menulis
Jika senang menulis dan menceritakan pengalaman melalui rangkaian kata-kata, mulailah menjadikannya sarana memperoleh keuntungan. Isi tulisan bisa berupa opini, cerita fiksi, ataupun pengalaman dalam mengasuh si kecil. Karya ini bisa Anda kirimkan pada majalah ataupun penerbit.

Semoga artikel diatas bermanfaat dan selamat mencoba.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top