Apa itu MozRank, Kegunaan, Fungsi dan Pengaruh pada SERP

Jika kalian sudah paham tentang “PageRank” mungkin kamu akan lebih mudah untuk memahami MozRank. What is MozRank? MozRank adalah skor link popularity (tautan popularitas) dari setiap halaman web di Internet.

Semakin banyak web lain yang masuk menuju link pada halaman tertentu, maka akan semakin tinggi nilai MozRank. Perhitungan skala logaritmik MozRank dihitung dalam skala 1 (terendah) hingga 10 (tertinggi). 

Hampir sama dengan PageRank yang merupakan algoritma Google untuk menentukan ranking situs yang dapat mempengaruhi SERP (search engine result page) pada halaman hasil pencarian. Namun, penilaian PageRank dianggap kurang relevan dan akurat atas sebuah website, dimana dipengaruhi oleh banyaknya praktek-praktek tidak etis seperti membuat domain “Fake” atau peringkat palsu pada sebuah website, dari hasil redirect atau maraknya jual beli link yang dimaksudkan untuk meningkatkan SERP.

Hal yang membedakan paling mendasar antara PageRank dan MozRank adalah, bahwa PageRank ditentukan oleh banyaknya backlink (PR tinggi) yang menuju situs web, sedangkan MozRank didasarkan pada kemampuan halaman web untuk mengumpulkan link (tautaun) dari banyak halaman yang populer atau hanya beberapa link dari halaman yang sangat sangat populer.


Seomoz Page Rank


Apa itu Mozrank? dan Apa pengaruhnya untuk blog?
MozRank, Kegunaan, Fungsi dan Pengaruh pada SERP

Karena penilaian PageRank dianggap sudah tidak lagi relevan, para webmaster mulai mencari alat penilaian peringkat yang lebih akurat. Di sinilah MozRank mengambil peranan itu.

MozRank adalah alat SEO yang diciptakan oleh SEOMoz, sebuah perusahaan SEO premium, yang berfungsi untuk menentukan peringkat halaman sebuah situs web. 

Untuk dapat mengetahui nilai MozRank pada sebuah situs web, salah satunya adalah dengan menginstal SEO MOZ bar, atau toolbar status pencarian cepat. Toolbar ini dapat menganalisa atau melihat Google PageRank, Alexa Rank, SEOmoz Linkscape, mozRank, domain MozRank (DMR) dan Page Authority (PA). 

Namun harus diingat bahwa penilaian peringkat hasil pencarian Google tidak menggunakan MozRank, sehingga pengguna masih harus melakukan yang terbaik untuk menyeimbangkan keduanya, atau hanya digunakan sebagai indikator yang bisa berpengaruh terhadap hasil pencarian.
  1. MozRank dan PageRank merupakan peringkat penting untuk memantau baik buruknya suatu situs.
  2. Cobalah untuk menerapkan sebanyak mungkin strategi yang berbeda dalam SEO.
  3. Gunakan strategi termasuk Alexa Rank sebagai indikator selain PageRank dan mozRank, untuk menjamin keberhasilan situs dalam mendapatkan peringkat lebih baik dalam SERP.


Link Juice


Apa itu Mozrank? dan Apa pengaruhnya untuk blog?
Link Juice

Link juice atau kekuatan peringkat ditentukan oleh banyaknya link yang masuk (internal) dan link yang keluar (eksternal). Semakin banyak link yang masuk dari web lain, maka peringkat MozRank akan semakin tinggi, dan sebaliknya, jika web anda memberikan link eksternal do follow yang banyak maka nilai web Anda akan semakin jatuh.  

Intuisi di balik MozRank adalah untuk meningkatkan sifat demokratis web. Setiap halaman memiliki vote (suara) dan mereka dapat memberikan suara dengan menghubungkan satu halaman ke halaman web lainnya. Sehingga setiap halaman memiliki peringkat MozRank yang berbeda.

MozRank mengukur link juice (kekuatan peringkat) link internal dan eksternal, MozRank eksternal hanya mengukur jumlah mozRank mengalir melalui link eksternal (link yang terletak di domain yang terpisah).

Karena link eksternal dapat memainkan peran penting sebagai dukungan independen, eksternal mozRank adalah metrik penting untuk memprediksi peringkat pada mesin pencari.

Cara terbaik untuk meningkatkan MozRank

Cara terbaik untuk meningkatkan MozRank adalah dengan membuat konten yang sangat menarik dan memiliki efek viral, sehingga orang akan sukarela untuk memberikan link menuju situs kalian, atau bisa juga dengan membuat artikel yang diposting pada web lain, yang biasa disebut guest post untuk mendapatkan backlink berkualitas.
Bagikan :
+
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top