10 Tips Memilih Helm Yang Baik dan Aman

10 Tips Memilih Helm Yang Baik dan Aman. Helm adalah alat pelindung kepala disaat kita naik sepeda motor. Dengan memakai helm, ini akan dapat melindungi, setidaknya meminimalisir dampak dari benturan dengan benda keras pada kepala akibat kecelakaan. Apalagi sebagaimana yang kita tahu bahwa kepala adalah bagian tubuh yang paling vital. Karena itu, tidaklah salah bila pemerintah selalu menganjurkan agar para pengendara sepeda motor untuk memakai helm yang berkualitas dan berstandard SNI.

Tips Cara Memilih Helm Yang Baik dan Aman

10 Tips Memilih Helm Yang Baik dan Aman
Kejelian perlu dilakukan dalam memilih helm. Janganlah memilih dan membeli helm hanya karena bentuknya yang bagus dan terlihat keren, sementara anda mengabaikan dari sisi keselamatan. Untuk itulah faktor-faktor pendukung yang ada pada helm juga harus benar-benar bagus dan aman. Jika anda bingung tentang bagaimana cara memilih helm yang baik, maka ada baiknya bila anda tips bagaimana memilih helm yang baik dan benar berikut ini:

1. Pilih helm yang punya bagian dalam lembut
Pada bagian dalam helm, yang perlu untuk anda perhatikan adalah bahan kain yang digunakan. Pilihlah yang menggunakan bahan dari kain yang sangat lembut dan mempunyai kemampuan untuk menyerap keringat secara maksimal, mengingat pada saat berkendara kemungkinan untuk berkeringat sangatlah besar. Jika bahan yang digunakan sangat lembut, maka anda pun akan tetap nyaman ketika memakainya dalam waktu yang lama ketika anda berkendara dan menempuh jarak yang jauh. Apalagi bila nanti harus bertemu dengan macet saat panas terik di siang hari.

2. Carilah helm yang nyaman ketika dipakai
Ada banyak pilihan ukuran helm. Saat membeli helm, jangan ragu untuk mencoba satu persatu. Pilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala. Jangan terlalu kecil dan juga jangan terlalu longgar. Ukuran helm yang tepat akan membuat anda merasa nyaman ketika memakainya saat berkendara.

3. Pilih helm yang mempunyai 2 lapis kaca
Helm jenis ini sangat baik digunakan karena dapat melindungi anda baik saat siang atau malam hari. Pilihlah helm yang mempunyai 2 lapis kaca, hitam dan bening (terang). Dengan kaca helm seperti ini, anda tetap bisa nyaman memakai helm baik siang atau malam. Anda bisa menggunakan kaca hitam untuk siang hari, sehingga terhindar dari silau cahaya matahari, dan kaca bening untuk malam sehingga anda tetap bisa jelas melihat jalanan.

4. Pilih helm yang full face
Helm full face adalah helm yang menutupi kepala dan wajah secara keseluruhan. Helm tipe ini lebih identik dengan motor lelaki, namun tidak ada salahnya anda juga menggunakan helm full face saat menggunakan motor bebek. Helm full face sangat baik untuk melindungi kepala saat berkendara. Tidak hanya itu saja, tipe helm ini juga mampu memberikan perlindungan dari debu, serangga, batu, air dan berbagai polusi di jalanan lainnya. Rahang dan gigi agan pun akan aman terlindungi bila terjadi kecelakaan.

5. Boleh juga memilih minimal helm open face
Helm open face adalah tipe helm yang terbuka di bagian rahang. Helm tipe ini bisa jadi alternatif bila anda kurang nyaman dengan helm full face. Helm open face ini juga bagus dari segi keamanannya, namun masih kalah aman dari tipe helm yang full face. Setidaknya jangan pakai helm seperti model helm proyek atau helm batok saat berkendara.

6. Pilih yang sudah berstandar SNI
Helm yang sesuai standar akan memberikan kenyamanan dan tiangkat kemanan yang maksimal. Memang sih biasanya helm jenis lebih mahal, namun apalah artinya sebuah harga mahal untuk helm bila dibandingkan dengan keselamatan anda ketika berkendara. Pastikan juga bahwa helm tersebut asli berstandar SNI, bukan palsu yang hanya di tempeli stiker SNI.

7. Busa atau kain bagian dalam helm bisa dilepas
Lihat dan periksa juga apakah helm yang akan anda beli bisa dibongkar pasang di bagian dalamnya. Hal ini cukup penting agar ketika helm dicuci, bagian dalamnya bisa anda lepas dulu. Jadi kebersihan helm anda akan bisa terjaga dan bisa bersih maksimal. Anda pun bisa nyaman menggunakan helm.

8. Bagian luar helm harus keras
Biasanya helm yang baik pada bagian luarnya terbuat dari bahan polycarbonate. Bahan keras pada bagian luar helm memang sangat penting untuk perlindungan yang maksimal. Lapisan luar helm yang keras atau disebut dengan istilah hard outer shell memang menjadi indikasi kualitas sebuah helm.

9. Busa bagian dalam yang tebal
Helm yang baik adalah sebuah helm yang memiliki desain bagian dalam yang tebal. Hal ini bertujuan untuk mengimbangi lapisan luar helm yang keras. Bagian dalam yang tebal akan memberikan manfaat untuk dapat meredam benturan dan gesekan yang mungkin saja terjadi pada saat helm mengalami benturan keras dengan sebuah benda. Jadi, tengkorak belakang kepala anda akan aman dari kemungkinan mengalami keretakan.

10. Kaca mika helm nyaman untuk melihat
Pastikan mika helm yang terpasang nyaman untuk memandang. Jika bisa, pilih mika yang bening dan tidak mempunyai efek cekung atau cembung agar tidak membuat anda merasakan sakit kepala atau pusinga atau bahkan mengurangi jarak pandang.

Itulah sedikit tips bagaimana cara memilih helm yang aman dan nyaman digunakan untuk berkendara. Meski anda sudah menggunakan helm, bukan berarti anda boleh ugal-ugalan saat berkendara. Tetaplah berhati-hati saat berkendara agar anda bisa aman dan selamat sampai tujuan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top