Tips Mengemudi yang Baik dan Benar

Mengemudi yang Baik dan Benar, bagaimana ya caranya?? hari gini masih pakai jasa belajar kemudi bukan waktunya lagi kawan, akhiri semua hal-hal yang berbau pengeluaran uang dan manfaatkan keberanian serta manfaat browsing di internet.

Begitu banyak artikel berserakan di dunia maya khususnya Cara Berkemudi yang Baik dan Benar salah satunya yang admin sajikan saat ini, dan berikut adalah
Tips Mengemudi yang Baik dan Benar

10 Tips Mengemudi yang Baik dan Benar

1. Pakai safety belt dengan baik dan benar, yaitu dengan menyilangkannya dari bagian tulang bahu ke pinggul, dengan demikian berat badan tubuh anda bisa terjaga dengan baik jika terjadi benturan atau hentakan mendadak.

2. Lakukan pemeriksaan pada kendaraan mobil anda. seperti memeriksa minyak rem, tekanan angin pada ban, mengecek lampu indikator, memeriksa bagian bawah kendaraan dari kebocoran oli dan sebagainya. Intinya pastikan kondisi mobil anda sudah cukup prima untuk berjalan.

3. Fokus dalam mengemudi mobil, hilangkan berbagai fikiran yang mengganggu konsentrasi anda berkendara. Berbagai aktifitas mengganggu juga perlu ditinggalkan seperti merokok, atau pun menelpon, jika memang hal tersebut memang dirasa perlu untuk dilakukan, sebaiknya anda terlebih dulu menepi atau gunakan handsfree untuk mudahnya berkomunikasi telepon.

4. Hindari beban mobil saat menyetir, selain mengganggu keseimbangan juga akan memboroskan bahan bakar, untuk itu sebaiknya pindahkan berbagai barang-barang yang kurang penting dari dalam kendaraan anda.

5. Lakukanlah berbagai trik efesiensi bahan bakar yang aman, seperti mengangkat injakkan kaki pada pedal gas lebih dulu dan biarkan mobil meluncur sebelum anda menginjak rem saat akan menikung.

6. Posisi kan dengan baik perangkat spion mobil bagian dalam dan luar sehingga anda bisa bisa melihat secara bebas berbagai posisi dari badan mobil dan keadaan sekitarnya dengan leluasa. Untuk bagian tak terlihat, usahakan untuk menengokkan kepala seperti saat dimana anda perlu untuk berpindah jalur atau berputar arah.

7. Matikan mesin mobil jika anda berhenti atau menepi selama lebih dari 1 menit, karena mesin mobil yang hidup dalam keadaan diam selama 3 menit sama artinya seperti mesin mobil melakukan perjalanan 1 jam pada kecepatan rata-rata 50 km / jam.

8. Jaga jarak aman, baik sisi samping kiri dan kanan, serta depan dengan kendaraan lain untuk menghindari keadaan mendadak, karena dengan besarnya ruang / jarak anda akan melakukan antisipasi.

9. Sebaiknya pegang stir sesuai prosedur, yaitu idealnya posisi genggaman tangan ada di arah jam 3 dan jam 9 dan gunakanlah jari anda ketika perlu untuk menyalakan lampu belok atau wiper.

10. Sekali pun mobil anda sudah mendukung teknologi ramah lingkungan, lakukanlah pengoperan gigi trasmisi pada rpm 2.000 sampai dengan 2.500 rpm. Karena mesin berbahan bakar bensin umumnya baru bekerja optimal di kisaran putar 2.000 – 2.500 rpm

Dan yang paling utama dari 10 Tips Mengemudi yang Baik dan Benar adalah berdoa sebelum mengawali sesuatu, dan luruskan niat belajar mengemudi buat apa? klu dah pinter jangan buat kebut-kebut dijalan raya, cuma bikin jengkel orang dan sumpah serapah dari orang nantinya.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top