Manfaat Makan Bakso Bagi Kesehatan

Adakah manfaat makan bakso untuk kesehatan ? Tentu saja ada. Yang penting jangan terlalu berlebihan. Apa saja kalau berlebihan pasti tidak baik untuk kesehatan. Bakso itu berasal dari olahan daging hewan seperti sapi, kerbau dan bahkan kelinci. 

Bahkan juga daging ayam bisa dijadikan bakso dan juga tak kalah enak dengan daging sapi. Karena bakso berasal dari daging tersebut maka di dalam bakso terdapat berbagai macam kandungan yang juga baik untuk kesehatan. Seperti protein. Protein hewani namanya.
Manfaat Makan Bakso Bagi Kesehatan
Seperti telah umum diketahui bahwa Bakso pembuatannya berasal dari daging sapi.Tentu saja anda sudah tahu manfaat dari daging. Adapun manfaat daging terutama daging sapi bagi tubuh manusia adalah setiap 100 gram daging sapi mengandung protein 18,8 gram. 

Dikutip dari tribunnewsProtein yang berasal dari daging sapi ini dikenal sebagai protein hewani. Protein hewani memiliki struktur asam amino yang hampir sama dengan manusia, tidak bisa dibuat oleh tubuh dan susunan asam aminonya relatif lebih lengkap dan seimbang. Melihat kandungan gizinya yang baik itu maka jangan takut makan bakso ya.

Menurut penelitian menyebutkan bahwa protein hewani lebih baik daya cernanya jika dibandingkan dengan protein nabati (protein yang berasal dari tumbuh-tumbuhan). Di dalam tubuh makluk hidup seperti manusia, protein adalah merupakan penyusun bagian besar organ tubuh, contohnya : rambut, jantung, otot, kulit, paru-paru, otak, dan lain sebagainya. Oleh karena bakso berasal dari daging maka akan mudah dicerna.

Apa manfaat protein hewani bagi tubuh manusia secara khusus yang terdapat pada bakso ? Adapun manfaat dan fungsi dari protein antara lain adalah untuk memperbaiki sel-sel yang rusak dan pertumbuhan. Di samping itu juga protein berfungsi sebagai bahan pembentuk plasma kelenjar, hormone dan enzin; sebagai cadangan energi, jika karbohidrat sebagai sumber energi utama tidak mencukupi; dan untuk menjaga keseimbangan asam basa darah. Jadi dengan protein hewani yang ada di dalam bakso diharapkan bisa menjaga tubuh kita agar tetap sehat.

Tapi walau bermanfaat, anda juga harus bisa mengendalikan diri kalau doyan makan bakso. Artinya hati-hatilah jika membeli bakso yang terdapat di pinggir jalan. Disarankan untuk makan bakso saat masih direbus atau asap masih mengepul dan bakso dalam keadaan mendidih sehingga kuman telah mati. 
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top