Tips Tata Barang Bawaan Mudik diMobil

Mudik tak lepas dengan banyaknya barang bawaan, agar barang bawaan ini tidak mengganggu saat dalam perjalanan maka dibutuhkan penataan yang dan seefisien mungkin dan tetap mengutamakan keamanan dan kenyamanan berkendara. Supaya dalam perjalanan mudik kita tetap lancar berikut beberapa tips yang bisa dijadikan referensi dalam packing barang bawaan di mobil dan juga beberapa langkah yang perlu diperhatikan.

Tips Tata Barang Bawaan Mudik diMobil

Melihat rute perjalanan yang akan tempuh. Hal ini sangat membantu Anda menentukan barang apa saja yang harus terangkut di dalam mobil. Setelah jelas, buatlah daftarnya, dan mulailah menginventarisir. Saat menyusun daftar, jangan lupa untuk menyesuaikan kapasitas bagasi dan daya angkut mobil. Penyesuaian ini penting agar tidak muncul risiko buruk saat mobil diajak bermanuver atau melakukan pengereman.

Selanjutnya klasifikasikan barang bawaan dalam dua kategori. Pertama, barang yang tidak dipakai selama perjalanan, seperti oleh-oleh, pakaian selama berlibur dan sebagainya. Kedua, barang yang kemungkinan besar diperlukan pada saat perjalanan, seperti peta mudik, ponsel, cemilan, obat-obatan, buku bacaan, kaset, CD, satu atau dua potong baju-celana jika perlu ganti saat perjalanan, dan sebagainya.

Tempatkan barang-barang kategori kedua di area yang mudah dijangkau agar tidak perlu membongkar muatan selama perjalanan. Prioritaskan barang bawaan yang berat di posisi bawah. Hindari penumpukan barang yang berpotensi mengganggu daya pandang pengemudi. Bila perlu, gunakan cargo net untuk menjaga barang bawaan tetap pada tempatnya meskipun terguncang sekalipun.

Demi alasan stabilitas mobil, dan dapat mengganggu pengendara lain, membawa barang di atas atau roofrack tidak dianjurkan. Seandainya pun terpaksa menempatkan barang di atas mobil, pastikan terikat kencang, ketinggiannya pun harus wajar dan tertutup rapat.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top