Tips Berkendara Saat Berpuasa

Umat muslim bersiap memasuki bulan suci Ramadhan. Di bulan puasa kesabaran sangat dibutuhkan dalam beraktifitas, termasuk saat berkendara dimana kondisi fisik sedang terkuras. Terkait dengan berkendara saat puasa, pebalap kawakan Indonesia Rifat Sungkar membagi tipsnya bagi yang menjalankan puasa. Berikut tipsnya:

Tips Berkendara Saat Berpuasa

1. Periksa keadaan mobil di bengkel

Sebelum memasuki bulan puasa, ada baiknya untuk meluangkan waktu pergi ke bengkel guna memeriksa keadaan mobil. Hal ini dimaksudkan untuk mengantisipasi gangguan yang terjadi pada kendaraan saat bulan puasa.

2. Perbanyak asupan protein dan cairan saat sahur

Saat sahur, jangan terlalu banyak menkonsumsi karbohidrat yang akan menyebabkan kantuk, tapi perbanyaklah protein dan cairan. Cairan sangat penting bagi tubuh, karena biasanya pada bulan puasa, ketika energi terkuras, kita terkadang sulit menahan rasa haus dibandingkan rasa lapar.

3. Bila hendak berkendara, perhatikan jarak tempuh dan ketahanan tubuh

Pada saat berpuasa, bila hendak berkendara penting untuk perhatikan antara jarak tempuh, waktu tempuh dan ketahanan tubuh. Jangan sampai anda membuang energi dengan kalkulasi waktu yang salah selama perjalanan, karena bila terjadi yang bisa anda lakukan adalah bersabar.

Pada hakekatnya melakukan aktifitas apapun di bulan Ramadhan merupakan ibadah. Dan ada baiknya apabila hendak berkendara, hal-hal diatas dipersiapkan dengan baik, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan sehingga emosi dapat lebih terkontrol dan dapat beribadah dengan baik.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top