Cek 6 Komponen Motor ini Sebelum Mudik Lebaran

Musim mudik lebaran telah tiba. Delapan hari jelang haru raya Idul Fitri, sudah banyak pemudik yang balik ke kampung halaman, salah satunya adalah pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua.

Jika Anda menjadi salah satu pemudik yang akan menggunakan motor bebek kesayangan untuk jadi kendaraan ke kampung halaman, berikut ada tips terkait 6 bagian motor yang perlu dirawat sebelum memulai perjalanan mudik bermotor Anda.

Wajib Cek 6 Komponen Sebelum Mudik

1. Pengapian
Sistem pengapian menjadi salah satu komponen penting dalam motor Anda, Jika pengapian tak beres maka bisa jadi motor Anda bakal menyusahkan selama di perjalanan.

Jika motor Anda masih menggunakan karburator, maka hal yang bisa dilakukan adalah dengan membersihkan karburator dari kerak dan kotoran yang dibawa bensin.

Namun untuk motor yang menganut sistem injeksi, sebaiknya service motor Anda di bengkel resmi terdekat untuk mendapatkan hasil maksimal.

2. Kampas Rem
Dari segi pengereman, kampas rem atau brake pad menjadi hal yang wajib di kontrol sebelum melakukan perjalanan panjang seperti mudik lebaran.

Cek apakah kampas rem masih tebal atau tipis, jika sudah tipis maka ganti kampas rem dengan yang baru. Kampas rem yang tipis jika dibiarkan akan membuat daya pengereman motor berkurang dan hal ini tentu membahayakan Anda sendiri jika dibiarkan.

3. Rantai
Rantai sebagai komponen penyalur tenaga mesin ke roda juga wajib mendapatkan sentuhan sebelum motor ditunggangi ke kampung halaman.

Pastikan tegangan rantai berada di titik yang benar. Rantai yang terlalu longgar biasanya akan berefek pada suara berisik dan berisiko lepas dari gear setnya. Sedangkan rantai yang terlalu kencang justru akan merusak gigi gearset.

Selain itu, jangan lupa untuk melumasi rantai motor agar tak berisik dan bisa mentransfer tenaga mesin dengan sempurna ke roda belakang motor Anda

4. Ban
Mengecek tekanan angin ban juga jadi hal vital sebelum Anda mudik lebaran dengan motor kesayangan. Selain tekanan angin, kondisi ban terutama alur wajib diperiksa. Jika tebal alur ban kurang dari 0,5 cm, sebaiknya Anda mengganti ban tersebut terlebih dahulu. Ban dengan alur yang sudah tipis lebih berisiko ketika digunakan di jalan berpasir atau aspal basah akibat hujan

5. Bearing
Bearing atau laher baik di bagian kemudi maupun roda juga wajib diperiksa sebelum memulai perjalanan mudik dengan motor.

Kondisi laher yang bagus di bagian kemudi akan membuat stang kemudi tetap stabil meski melibas jalur bergelombang. Sedangkan roda motor akan stabil dan berputar tanpa hambatan jika bearing di ruas roda dalam kondisi prima

6. Pelumas
Hal terakhir yang perlu diperiksa sebelum pulang kampung dengan motor kesayangan adalah pelumas atau oli motor.

Sebaiknya Anda mengganti pelumas baru sebelum berangkat, hal ini tentu akan membuat mesin dalam kondisi prima selama perjalanan mudik Anda.

Selain itu, dengan menggunakan pelumas baru, tentu performa mesin sedikit banyak akan terdongkrak.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top