Tips Jitu Blogwalking Menghasilkan Traffic Balik

Manfaat Blogwalking
Sebenarnya Aktifitas Blogwalking itu mengasikkan. Karena dari blogwalking ini selain kita bisa mendapatkan berbagai macam ilmu pengetahuan yang kita peroleh dari blog yang kita kunjungi, kita juga bisa memperoleh kawan baru dan tentunya traffic balik yang berguna untuk menaikkan posisi page rank blog milik kita. Hal ini tentunya sudah dibuktikan sendiri olehku, yang mana hanya dengan melakukan blogwalking saja, kita bisa menaikkan page rank. Percaya atau tidak, bisa Anda buktikan sendiri.

Akan tetapi, untuk mendapatkan kunjungan balik dari pemilik blog yang kita kunjungi tidak segampang kita berbicara. Karena tidak semua pemilik blog dengan serta merta membalas kunjungan kita. Alasannya mungkin yang tahu adalah admin blog itu sendiri. Entah mereka sibuk, atau belum sempat berkunjung balik. Lalu bagaimana caranya kita bisa dengan mudah memperoleh kunjungan balik dari blog yang kita kunjungi?

Berikut ini adalah beberapa tips yang aku susun sendiri berdasarkan pengalamanku dalam blogwalking, silahkan disimak tapi sebelumnya siapkan kertas untuk mencatat, yuk diintip:

  • Ketika Anda memulai blogwalking dari sebuah blog yang pertama Anda kunjungi, carilah buku tamu atau Guestbook di blog tersebut, umumnya para blogger lebih senang menggunakan widget cbox untuk buku tamu mereka. Anda tahu Cbox? Kalo belum, seperti gambar di bawah ini tampilannya. Memang bentuk serta warnanya bisa dimodifikasi sendiri. Yang terpenting Anda tahu bentuknya, setelah Anda temukan, silahkan Anda ikut serta mengisinya. Namun, terlebih dahulu Anda lihat siapa yang terakhir mengisi buku tamu itu, lihat juga tanggalnya, apakah tanggalnya masih baru, atau sudah lama (jika tanggalnya lama, berarti yang punya blog jarang blogwalking). Jika tanggalnya masih baru, berarti Anda mendapatkan target blog kedua dan seterusnya untuk Anda kunjungi lagi. Yaitu dari buku tamu tersebut.
cbox
  • Setelah Anda berpindah blog, jangan tutup dulu blog yang sebelumnya. Anda lihat dulu, tanggal update postingan blog tersebut, apakah rajin update atau tidak. Jika iya, lebih baik tinggalkan komentar Anda di kotak komennya. Karena siapa tahu, si pemilik blog selalu online dan bisa langsung berkunjung balik ke blog Anda. Setelah itu catat alamat URL blognya dikertas yang sudah disediakan. Ingat, saat Anda berkomentar, lihat opsi untuk komentatornya. Jika ada opsi Name/URL alangkah baiknya Anda gunakan saja opsi itu. Karena dengan memakai opsi Name/URL, maka yang punya blog bisa langsung tahu alamat blog milik Anda. Lain halnya jika memakai profil G-Plus. Bagi yang belum pengalaman, pasti akan kebingungan mencari alamat URL blognya. Jika tidak ada, Anda bisa gunakan alternatif lain, yaitu dengan memakai profil OpenID. Bagaimana cara berkomentar dengan OpenID?
  • Kini Anda boleh meninggalkan blog pertama setelah meninggalkan komentar dipostingan terbarunya. Ingat juga, usahakan berkomentarlah yang baik. Bagaimana cara berkomentar yang baik? Diblog yang kedua, lakukan hal yang sama. Cari buku tamunya. Isi buku tamunya. Lalu lihat update postingannya. Biasanya, bagi blogger yang sering terlihat di buku tamu Cbox, itu sudah jelas dia memiliki hobi blogwalking, dan tentunya juga sudah pasti dia akan membalas kunjungan Anda dengan cepat. Jadi catat lagi alamat URL blognya.
  • Lakukanlah hal ini begitu seterusnya. Itulah yang namanya blogwalking. Yang perlu Anda ingat adalah lihat tanggal update postingan blog dan lihat juga tanggal komentar pengunjung di buku tamunya. Jika tanggalnya selalu update setiap hari. Maka Anda boleh mencatat blog tersebut dan mengunjunginya setiap hari.
Lalu bagaimana jika tidak ditemukan buku tamu?
Ya tidak masalah, tulis saja komentar di postingannya. Tapi ingat, selalu terapkan tata cara berkomentar yang baik.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top