Begini Caranya Ngusir Nyamuk dengan Alami

JIKA malam tiba kemudian nyamuk banyak beterbangan dan mulai menyerang kita, hal itu pasti sangat menyebalkan. Apalagi jika kita sedang capek dan butuh istirahat. Hewan yang satu ini memang bermanfaat namun, pada saat tertentu sering menjadi pengganggu manusia.
Cara Usir Nyamuk Alami
1. Bersihkan seluruh rumah dari air yang menggenang
Cara pertama yang harus dilakukan dalam Mengusir Nyamuk adalah memberantas tempat asal nyamuk yang ada di dalam rumah. Percuma jika kita memberantas semua nyamuk yang masuk, tetapi malah mengabaikan tempat munculnya.

Beberapa rumah didesain dengan kolam di bagian dalamnya untuk membuat kesan segar dan indah muncul. Namun, masalah air pada kolam perlu diwaspadai. Nyamuk sangat suka dengan air yang menggenang. Terlebih lagi jika air tersebut jarang dikuras. Jika kolam tersebut memiliki sistem air mengalir, tentu bukanlah masalah besar karena nyamuk tidak akan bebas berkembang biak. Sebaliknya, jika yang ada di dalam rumah adalah kolam dengan air yang menggenang, bersiaplah mendapat tugas tambahan untuk rajin menguras kolam minimal seminggu sekali.
Alternatif lain bagi pemilik rumah yang memiliki kolam dengan air menggenang namun tidak memiliki banyak waktu untuk membersihkan adalah dengan memanfaatkan beberapa jenis ikan sebagai predator alami, seperti ikan cupang atau cere. Perhatikan juga tempat-tempat yang mudah dijangkau tetapi kerap terlupakan, seperti kaleng-kaleng bekas. Pot plastik, tempat minum burung, dan bak penampungan air yang jarang dikuras pun tidak akan terhindar dari tempat persembuyian dan bertelur nyamuk jika tidak kita bersihkan. Pot di depan rumah yang kerap terguyur hujan juga patut diwaspadai. Sedikit sisa air yang menggenang mampu menjadi tempat nyaman untuk si nyamuk.
2. Pastikan pintu dan jendela di rumah tertutup rapat
Pintu yang terbuka lebar ditambah vertilasi yang terkadang luput dari perhatian akan semakin memudahkan jalan nyamuk untuk masuk ke rumah. Menutup pintu dan jendela memang mudah dilakukan, namun bagaimana dengan ventilasi?

Alternatif yang dapat digunakan adalah menutup lubang ventilasi menggunakan jaring dengan lubang berukuran lebih kecil dari tubuh nyamuk. Dengan jaring tersebut, diharapkan sirkulasi udara di rumah tidak terganggu namun tetap dapat menghindarkan rumah dari nyamuk. Menutup celah kecil dengan selotip dilakukan untuk mengantisipasi masuknya nyamuk melalui jalan lain. Pastikan bahwa selotip yang digunakan adalah selotip transparan yang dipotong sedemikian rupa sesuai bentuk tempat agar tidak merusak keindahan rumah.
3. Memeriksa pakaian yang digantung
Bukan sesuatu yang janggal lagi jika masyarakat kita suka menggantung pakaian usai digunakan. Memang lebih praktis jika digantung dibandingkan dilipat. Tetapi kita juga harus tahu, nyamuk kerap bersembuyi di balik pakaian yang tergantung, terutama pakaian yang gelap dan kotor. Untuk mengantisipasi hal ini, ada baiknya jika kita tidak menggantung pakaian terlalu lama. Menyediakan keranjang untuk tempat pakaian kotor dapat dilakukan agar tidak menumpuk dan menjadi tempat bersarang nyamuk.

4. Meletakkan bunga rosemary atau daun serai di sekitar rumah
Nyamuk memiliki kepekaan terhadap wangi-wangian jenis tertentu. Penelitian menunjukkan bahwa jenis tanaman ini tidak disukai nyamuk. Nah, salah satu Cara Alami dalam Mengusir Nyamuk adalah menananm tanaman tersebut di dalam rumah. Jika kita menderita alergi pada obat pembasmi nyamuk jenis tertentu, menanam tanaman ini tentulah sangat membantu. Selain membuat lingkungan rumah menjadi indah, tanaman ini tidak membahayakan kesehatan.
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top