Tips Menurunkan Berat Badan Cepat Alami

Cara menurunkan berat badan secara alami sehat dan cepat dalam 1 minggu. Selamat berjumpa lagi agan dan aganwati :) kali ini saya akan membahas bagaimana caranya agar tetap langsing dan tips untuk menghindari berat badan atau menguranginya. Kelebihan berat badan merupakan momok tersendiri terutama bagi kaum wanita karena dari segi estetika akan mengurangi keindahan serta menyebabkan berbagai macam penyakit ditubuh dikemudian hari. Oleh karena itu betapa pentingnya memiliki berat badan yang ideal bagi kita semua. Dengan berat badan yang ideal seseorang akan bertambah elok penampilannya serta bertambah kesehatannya. Bukankah ini harapan kita semua? Oke sebelum membahas cara menurunkan berat badan secara alami ini saya akan membahas masalah bahaya kelebihan berat badan atau obesitas ini agar agan dan aganwati jadi termotivas agar cepat-cepat menurunkan berat badan tanpa menunda-nunda lagi.
Tips Menurunkan Berat Badan Cepat Alami

Penyebab dan Resiko Akibat Kelebihan Berat Badan

Kelebihan berat badan atau Obesitas dibagi menjadi 3 jenis yaitu:

Obesitas level ringan :  20-40% kelebihan berat badan
Obesitas level sedang : 41-100% kelebihan berat badan
Obesitas level berat : kelebihan berat badan >100%.

Kelebihan berat badan akan memicu berbagai jenis penyakit diantaranya:

  • Tidur apneu yaitu berkurangnya kadar oksigen dalam darah dikarenakan terhambatnya pernafasan
  • Penyakit batu kandung kemih dan batu kandung empedu
  • Penyakit artritis gout dan gout
  • Penyakit Diabetes tipe 2 biasanya akan muncul nanti setelah dewasa
  • Penyakit hipertensi/Tekanan darah tinggi
  • Penyakit  Sindroma pickwickian yaitu kelebihan berat badan disertai wajah kemerahan, ngantuk dan underventilasi
  • Penyakit Gagal jantung
  • Penyakit infark miokardium/Serangan jantung
  • Penyakit Stroke
  • Penyakit kanker usus besar dan kanker prostat
  • Penyakit Osteoartritis
Setelah membaca akibat berat badan yang berlebih tentu agan dan aganwati jadi ngeri bukan? Makanya prinsip mencegah itu lebih baik daripada mengobati merupakan prinsip hidup yang harus selalu dipegang karena kalau sudah terkena penyakit akibat kelebihan berat badan seperti diatas akan menghabiskan kekayaan kita berapapun kekayaan anda itu juga akan mengurangi kenikmatan hidup karena kesehatan merupakan nikmat nomer satu yang diberikan Allah SWT kepada kita semua. Mau kedua mata anda ditukar dengan uang 10 miliar? Tentu tak mau bukan? Inilah bukti bahwa kesehatan itu lebih mahal daripada sekedar materi/uang makanya saya tergerak untuk membuat artikel Cara Menurunkan Berat Badan Alami Cepat Sehat Dalam 1 Minggu ini agar bermanfaat bagi kita semua.

Untuk mengetahui apakah agan terkena kelebihan berat badan atau tidak maka diperlukan sebuah parameter, disini kita bisa memakai standar BMI (Body Mass Index) yang digunakan untuk mengukur kadar lemak didalam tubuh, semakin tinggi angka BMI akan meningkatkan resiko penyakit yang berhubungan dengan kelebihan berat badan.

 BMI Kurang dari 27 = Resiko Rendah
 BMI 27-30 =  Resiko menengah
 BMI 30-35 = Resiko tinggi
 BMI 35-40 = Resiko sangat tinggi
 BMI 40 atau lebih. = Resiko sangat sangat tinggi

Padahal pada umumnya wanita memiliki kadar lemak tubuh yang lebih besar dibanding pria. Perbandingan berat badan dan lemak tubuh yang normal untuk wantita adalah sekitar 25-30% sedang untuk pria 18-23%. Seseorang menderita obesitas jika melebihi angka-angka tersebut.

Cara Menurunkan Berat Badan

Agar mudah menurunkan berat badan maka harus diketahui dulu apa saja faktor penyebab kegemukan atau berat badan yang tidak ideal itu. Akibat terjadinya kelebihan berat badan seseorang adalah karena faktor penyebab berikut:

Faktor Kurangnya Aktivitas Fisik

Seseorang yang tidak aktif secara fisik akan cenderung mengalami kelebihan berat badan, oleh karenanya obesitas ini biasanya dialami oleh negara-negara makmur dan orang yang memiliki ekonomi menengah atas, kelebihan berat badan bukan saja tidak enak dipandang mata dari segi estetika tapi yang jauh lebih berbahaya adalah karena faktor resiko penyakit yang akan menyerang pada orang yang memiliki berat badan berlebih ini. Kurangnya aktifitas menyebabkan penumpukan lemak ditubuh hal ini diperparah dengan tidak diet makanan-makanan berkalori tinggi, makanan berlemak tinggi serta makanan yang berkolesterol tinggi.

Faktor Genetik

Fakto gen memang sangat berpengaruh terhadap kegemukan seseorang, seringkali kita melihat orang yang bapak dan ibunya gemuk cenderung anak-anaknya pada gemuk dan ini dikuatkan dengan penelitian yang menunjukan bahwa rata-rata faktor genetik memberikan pengaruh sebesar 33% terhadap berat badan seseorang.

Faktor Kesehatan

Penyakit seperti sindroma prader-willi, sindroma cushing, hipotiroidisme dan ada beberapa kelainan saraf yang bisa menyebabkan seseorang banyak makan. Mengkonsumsi obat-obatan seperti anti depresan juga obat seperti steroid juga menjadi penyebab kegemukan

Faktor Tumbuh Kembang

Anak-anak yang kegemukan akan lebih berpotensi menderita obesitas diusia dewasa nanti karena memiliki sel lemak sampai 5X lipat lebih banyak dibanding anak yang memiliki berat badan yang ideal.

Faktor Psikologi

Ada orang yang mengalami gangguan emosional atau stress karena stress disekolah atau ditempat kerja lalu melampiaskannya dengan memakan makanan enak, ngemil atau dengan cara banyak makan. Hal semacam ini banyak diderita oleh kaum hawa yang rentan terkena stress.

Faktor Lingkungan

Kebiasaan teman biasanya sangat mudah menular, teman yang hobinya suka makan dan mencicipi berbagai makanan cenderung mudah menularkan kebiasaan ini kepada teman akrabnya setidaknya temannya akan mencicipi kue buatan atau kue kegemaran yang dia beli.

Makanan Penyebab Kelebihan Berat Badan

Intinya mengurangi atau menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi, gula dan makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau berlebih karena jika berlebih maka zat makanan tersebut diubah oleh tubuh menjadi lemak apalagi anda tidak berolahraga. Juga hindari makanan yang digoreng karena tubuh anda akan menyimpan lemak trans yang tidak baik untuk kesehatan. Usahakan makanan tersebut direbus, kukus, sup, dan sebagainya seperti kebiasaan orang Jepang sehingga kebanyakan memiliki umur yang panjang-panjang. Ini dia pantangan makanan jika anda menderita kelebihan berat badan:
  1. Hindari Makanan cepat saji.
  2. Hindari Jajanan gorengan.
  3. Hindari Minuman bersoda.
  4. Hindari Aneka Krim.
  5. Hindari Daging olahan.
  6. Hindari Sereal manis.
  7. Hindari Es krim.
  8. Hindari Pure kentang.
  9. Hindari Susu whole milk.
  10. Hindari Mayones.
  11. Hindari Permen.
  12. Hindari Keripik kentang.
  13. Hindari Kuah daging.
  14. Hindari Kopi Instan Manis atau minuman manis lainnya
  15. Hindari Roti.kecuali roti gandum

Cara Cepat Menurunkan Berat Badan

Perbanyak Minum Air Putih

Dengan minum air putih 8 gelas sehari maka metabolisme tubuh anda semakin baik dan mencegah dehidrasi karena dehidrasi metabolisme badan terganggu yang mengakibatkan penumpukan kadar lemak ditubuh semakin banyak, dengan meminum air putih yang cukup maka racun-racun ditubuh akan mudah dibuang baik memalui keringat maupun lewat ginjal berupa air seni.

Mengurangi Porsi Makan

Islam sudah mengajarkan tata cara makan yang baik dan benar yaitu makan saat lapar dan berhenti kalau sudah terasa kenyang. Jika kita makan saat benar-benar lapar maka akan meningkatkan rasa nikmat dan langsung berhenti jika perut sudah terasa cukup kenyang, jangan berlebih karena segala sesuatu jika berlebihan akan tidak baik akibatnya termasuk cara makan ktia.

Ganti Beras Putih Anda dengan Beras Merah

Ada 2 jenis karbohidrat yaitu karbohidrat kompleks dan karbohidrat sederhana. Karbohidrat kompleks bersifat slow release dan megandung lebih banyak serat sehingga sangat dianjurkan bagi pelaku diet juga para penderita diabetes sedang karbohidrat sederhana bersifat kebalikannya.

Contoh makanan yang mengandung Karbohidrat sederhana: es teler, sirup, es krim, nasi putih, roti tawar, kue, biskuit, kerupuk, keripik, segala mie, jus, tepung2-an, gula, es campur, dll.

Contoh makanan yang mengandung Karbohidrat kompleks: beras merah, roti gandum, ubi, singkong, tempe, oatmeal, buah-buahan, sayur-sayuran, kacang-kacangan, kentang, dll.

Latihan Angkat Beban

Cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu. Tahukan anda jika melakukan olah raga sepeda atau renang atau jogging atau cardio biasa akan membakar kalori ditubuh anda selama anda latihan ditambah +2 jam setelah anda selesai melakukan latihan?
Sedang jika anda melakukan latihan mengangkat beban selama satu jam akan membakar kalori ditubuh anda selama 24 hingga 60 jam kemudian. Untuk hasil yang optimal dalam membakar kalori ditubuh anda disarankan latihan beban cukup seminggu 3-4 kali saja selama 40-70 menit. Kalaupun anda ngotot pengen olahraga kardio maka lakukanlah metode HIIT atau High Intensive Training Cardio cukup selama 20-30 menit maka efektifitas pembakaran kalorinya naik 2-3X lipat dibanding anda melakukan olahraga cardio selama 1 jam.

Cara Diet Yang Baik

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga
Jika anda ingin makan daging usahakan makan daging ayam usahakan makan dada ayam karena daerah inilah yang mengandung kadar lemak paling rendah dibanding daerah lainnya jangan lupa buang kulit ayam dan cara memasaknyapun harus direbus atau dikukus bukan digoreng dengan minyak karena menganduk lemak trans yang tidak baik buat kesehatan tubuh. Hindari juga semua bentuk gorengan, berlemak, alkohol, margarine, mentega, jeroan, bakso, susu full cream, susu low fat, sosis, kue, snack dan juga hindari makanan dan minuman yang mengandung gula/manis karena akan cepat sekali disimpan ditubuh dalam bentuk lemak.

Untuk mengurangi berat badan ada 2 cara yang efektif yaitu:

A. Jaga pola makan agar selalu tetap berada dibawah kebutuh kalori
B. Angkat beban adalah olahraga paling efektif untuk mengurangi lemak dengan cepat

Jika anda melakukan olahraga namun pola makan atau jumlah kalori tetap naik maka sama saja anda hanya membakar kalori yang anda makan tanpa mengurangi lemak yang ada ditubuh anda maka kurangi jumlah kalori yang masuk dikombinasi dengan melakukan olahraga maka pengurangan jumlah kalori ditubuh anda akan lebih cepat terjadi dibanding tidak melakukan olahraga sama sekali.

Istirahat Yang Cukup

Dengan tidur yang cukup selama 7 sampai 8 jam dalam sehari menjadikan metabolisme tubuh bertambah baik dan lancar, lagian kalau begadang akan ada cemilan atau minuman yang hanya akan menambah kalori ditubuh sehingga menjadi tumpukan lemak. Dengan tidur cukup dan teratur juga mengistirahatkan organ-organ penting seperti lever/hati, pankreas, dll agar bekerja optimal.

Mengurangi Faktor Stress

Banyak orang yang mengalami stress akhirnya melampiaskan dengan memakan makanan yang tidak sehat dan banyak yang akhirnya hanya menambah berat badan saja dengan mengurangi faktor stress maka kita bisa mudah mengontrol nafsu makan berlebih yang diakibatkan gangguan emosi atau psikis kita.

Siapa pun orang yang memiliki berat badan berlebih ingin mengetahui bagaimana cara menurunkan berat badan 10 kg dalam 1 Minggu. Hal ini karena cara singkat dan cepat dalam menurunkan berat badan biasanya dipilih seseorang karena ingin mendapatkan hasil instan atas usaha penurunan berat badan yang sedang dilakukan. Berkenaan dengan hal tersebut, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui resep rahasia untuk makan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat bahkan bisa turun 4 kilogram dalam dua Minggu. Secara lanjut, hasil ini dapat berbeda pada setiap orang, bahkan ada yang bisa turun 10 kilogram hanya dalam waktu 1 Minggu saja. Penasaran?

Berikut Resep Makan dan Cara Menurunkan Berat Badan 10 Kg dalam 1 Minggu

Makan makanan yang enak dan lezat saat melakoni diet sehat tentu keinginan semua orang. Dengan resep yang akan dipaparkan di bawah ini, diet sehat yang Anda jalani tidak lagi terasa monoton apalagi membosankan. Anda pun bisa menjalani diet dengan mudah, senang, dan tanpa paksaan.

Pertama, resep untuk sarapan pagi


Untuk sarapan pagi, Anda bisa memasak omelet sayur. Anda bisa menggunakan bahan dan resep berikut ini;

Bahan yang disiapkan: 2 butir telur, kemangi, garam, cuka, minyak zaitun, tomat, skim keju

Cara membuat
: kocok telur hingga lembut dan cukup mengembang lalu tambahkan garam secukupnya. Selanjutnya, panaskan minyak zaitun dalam api sedang dan masak telur dadar dalam minyak tersebut. Saat memasak, Anda bisa memarut skim keju merata pada seluruh bagian telur. Jika sudah agak matang, Anda bisa menaburkan irisan tomat di atasnya lalu angkat. Taburi dengan cuka sedikit saja lalu hias dengan kemangi segar di atasnya.
Selanjutnya, Anda bisa menggunakan resep omelet lain dengan bahan yang sehat untuk program diet Anda.

Kedua, pilihan menu sarapan pagi yang sehat dan praktis

Selain menu di atas, Anda bisa mencoba menu makanan lain seperti Shake Formula 1 sebagai cara menurunkan berat badan 10 kg dalam 1 Minggu. Mengacu pendapat seorang ahli diet dari Amerika serikat bahwa sarapan pagi yang paling sehat untuk orang yang sedang menurunkan berat badan adalah makanan yang mengandung protein tinggi, Shake Formula 1 adalah yang paling cocok. Selain rasanya lezat karena terdiri dari rasa cokelat, strawberry, dan vanilla, Shake Formula 1 ini juga didesain khusus untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan dengan konsep makanan cair seperti susu. Dibuat seperti ini agar makanan sehat yang Anda konsumsi pagi hari tersebut dapat terserap sempurna oleh tubuh Anda. Tidak dapat dipungkiri bahwa seorang manusia kadang enggan untuk mengunyah makanannya hingga halus karena kebiasaan makan dari kecil. Padahal, kebiasaan ini dapat membuat kinerja sistem pencernaan di perut semakin keras dan secara tidak langsung akan berakibat buruk bagi kesehatan tubuh. Shake Formula 1 ini menjadi jawaban yang pas sebagai cara cepat menurunkan berat badan dalam 1 Minggu. Pasalnya, ada yang membuktikannya dengan turun 2,5 hingga 3 kilogram hanya dalam 1 Minggu saja. Tidak hanya itu, untuk mengonsumsi makanan sehat ini, Anda tidak membutuhkan waktu lama, hanya tinggal membuatnya seperti susu dan mengocoknya di blender seperti membuat jus. Dengan Shake Formula 1, Anda tidak ada alasan lagi untuk tidak sempat makan karena alasan kesibukan.

Ketiga, menu makan siang dan malam

Anda bisa membuat cheese burger untuk makan siang atau makan malam Anda yang lezat sebagai cara menurunkan berat badan 10 kg dalam 1 Minggu. Resep sehatnya adalah;

Bahan: roti burger berbahan gandum, daging kalkun yang telah dicincang dan dibentuk menjadi daging burger (telah diolesi garam dan lada hitam), keju cheddar, bawang Bombay atau bawang merah besar, tomat yang telah diiris, salad.

Cara membuat: pangganglah roti gandum untuk burger. Sajikan panggangan roti gandum lalu olesi dengan guacamole, kemudian taruhlah keju ukuran sedang, irisan bawang merah besar dan tomat, serta daging kalkun yang telah terbentuk khusus untuk burger. Tutup kembali dengan roti gandum. Sajikan bersama dengan salad sayuran.

Demikian cara menurunkan berat badan 10 kg dalam 1 Minggu dengan resep makanan lezat yang bisa Anda coba. Cara ini akan membantu Anda mendapatkan berat badan ideal sesuai dengan keinginan Anda.

Semoga bermanfaat
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top