Harga Batu Giok, Giok Aceh Terbaru

Terakhir batu akik maupun giok Aceh banyak di cari pengagum batu mulia. Batu ini banyak yang mengambil bahan bakunya dari beberapa sungai serta pegunungan yang ada di Aceh. Macamnya juga terdapat sebagian alternatif. Serta, batu akik dari Aceh ini pemasarannya telah meraih ibukota, Jakarta.

Batu Giok, Giok Aceh
Diambil dari Detik, sebagian batu akik yang sering dibeli sama orang-orang lokal serta umum yakni Giok Anggur, Giok Kol, serta Giok Hitam. Ketiga type batu akik itu semakin menanjak popularitasnya di banding type yang lain sepanjang sebagian bln paling akhir. Biayanya juga bermacam bergantung dai mutu serta kekhasan batu itu sesudah melakukan sistem pembuatan.

Tetapi rata-rata batu akik ini di tawarkan di rentang harga pada Rp 300 ribu hingga Rp 12 juta. Pengasahannya sama pengrajin serta tak sembarangan hingga segi estetikanya terus terbangun. Bila batu itu belum lewat pengasahan, harga tiap-tiap satu kilogramnya pada Rp 500 ribu hingga Rp 3 juta. Tinggi rendahnya harga ikut di pengaruhi sama kilapnya warna serta corak yang dipunyai batu akik.

“Harga batu disini beragam lantaran punya pengaruh bersama type serta mutu batu, ” kata Emy Chaniago, pedagang batu akik di Jalan Teuku Chik Pante Kulu, Banda Aceh.

Walau demikian, giok Aceh ini serta mempunyai mutu sendiri berdasar pada aslinya. Barang giok yang amat di cari berawal dari pegunungan Takengon (Aceh Tengah) serta Beutong (Nagan Raya).
Bagikan :
+
Previous
Next Post »
 
Template By Kunci Dunia
Back To Top